Strategi Komunikasi MTs. T. I Kerkp Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19

PRASETIA, M. ARJUN (2021) Strategi Komunikasi MTs. T. I Kerkp Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARJUN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. ARJUN PRASETIA, NIM: 1711310023, 2020, JUDUL SKRIPSI: “STRATEGI KOMUNIKASI MTs.T.I KERKAP DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMI COVID-19”. Strategi komunikasi yang ada di dunia pendidikan tidak akan lepas peran humas yang ada di dalamnya, MTs. T. I Kerkap kali ini mendapatkan peningkatan jumlah peserta didik di masa pandemi saat ini. Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat Madrsasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap dalam meningkatkan jumlah peserta didik pada masa pandemic Covid-19, 2) apa faktor pendukung dan penghambat Hubungan Masyarakat MTs. T. I Kerkap. Jenis penelitian fiel research (penelitian lapangan), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan penelitian mengguakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah informan sebanyak lima orang yaitu :Kepala Madrasah, Waka Humas Madrasah, Operator Madrasah, Kepala Tata Usaha, dan Ketua Osis. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuraikan, dianalisis dan dibahas secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Strategi Komunikasi MTs. T. I Kerkap dalam meningkatkan jumlah peserta didik yaitu dengan beberapa kegiatan dan tetap mematuhi protocol kesehatan. Pertama, mengadakan kegiatan home visit ke desa-desa untuk mengevaluasi kegiatan belajar daring para siswa sekaligus mempromosikan Madrasah. Kedua, mengadakan pembinaan baca Al-quran dan sholat secara bergantian kepada siswa yang belum fasih agar terciptanya hubungan yang baik bagi wali murid dan madrasah. Ketiga, menampilkan kesenian hadrah di acara pernikahan yang ada di sekitar madrasah. Keempat, membuat acara yasinan dan tahilan serta memberikan bantuan kepada tabligh musibah, sehingga hubungan madrasah dengan masyarakat lebih kuat dan menimbulkan citra positif serta kekeluargaan kepada warga setempat. Selanjutnya faktor pendukung ada beberapa faktor yaitu kemauan peserta didik dan dewan guru dalam menjalankan tugas serta izin dari orang tua. Pihak kecamatan juga meingzinkan pihak madrasah melaksanakan kegiatan lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang dan watak calon peserta didik yang berasal dari daerah pedalaman dan juga kesulitan mengakses informasi calon peserta didik melalui online dikarenakan signal yang sulit, dan pastinya masa pandemi yang membuat kegiatan tidak bisa diadakan dengan waktu yang lama. Kata kunci : Strategi, Humas, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Humas, Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:42
Last Modified: 26 Mar 2021 03:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item