PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 BENGKULU TENGAH

SUARDI, NOROKTI VILLIANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Norokti Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Norokti Villiani Suardi, NIM. 1611240130, Judul Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 20 Bengkulu Tengah. Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1: Riswanto, Ph.D, Pembimbing 2: Adi Saputra, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Scaffolding, Hasil Belajar Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 20 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain peneltian Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ialah eksperimen quasi (quasi exsperimental design) dengan pendekatan nonequivalent group posttest only Design, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas III SDN 20 Bengkulu Tengah berjumlah 58 siswa. Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan thitung > ttabel (8,141 > 2,005), pengujian juga dapat dibuktikan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 8,141 dengan ttabel 2,005 yang berarti thitung > ttabel , sehingga Ha diterima dan Ho ditolak ada pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas III di SDN 20 Bengkulu Tengah yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti pengaruh model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Negeri 20 Bengkulu Tengah. Hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Scaffolding memiliki pengaruh lebih baik dari pada hasil belajar metematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III siswa SDN 20 Bengkulu Tengah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scaffolding, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:44
Last Modified: 26 Mar 2021 03:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item