PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PAUD TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU

SURIYANTI, SURIYANTI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PAUD TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Bab I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suriyanti, 2021, NIM. 1611250021, PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PAUD TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Pembimbing I : Deni Febrini M.Pd dan Pembimbing II : Fatrica Syafri, M.Pd.I Kata kunci: Pembelajaran Daring, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini. Montessori menyatakan bahwa usia keemasan merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu, periode ini harusnya mendapat perhatian khusus dari orang tua dan guru karena merupakan waktu yang tepat untuk membangun karakter dan kepribadian yang kuat pada diri anak, salah satunya karakter disiplin. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran daring PAUD terhadap perilaku disiplin anak usia dini di PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 40 siswa PAUD. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Uji validitas data angket dalam penelitian ini, penulis menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji normalitas datanya menggunakan rumus Spearman Brown (split half). Sedangkan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji komparatif rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring PAUD terhadap perilaku disiplin anak usia dini di PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Dari hasil analisis uji hipotesis di atas, maka dapat diketahui bahwa hasil rxy sebesar 0,519. Kemudian dilanjutkan dengan melihar rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 40 adalah 0,312. Angka tersebut menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,519 ≥ 0,312 yang artinya hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh pembelajaran daring PAUD terhadap perilaku disiplin anak usia dini di PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring yang diselenggarakan tetap dapat membentuk perilaku disiplin anak usia dini di PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:47
Last Modified: 29 Mar 2021 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item