PENGARUH UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP POLA DIDIK GURU SDIT AL-AHSAN KABUPATEN SELUMA

NOPIA SARI, AYU (2021) PENGARUH UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP POLA DIDIK GURU SDIT AL-AHSAN KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ayu Nopia Sari pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Nopia Sari, NIM: 1611240015, Judul Skripsi: “Pengaruh Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Pola Didik Guru SDIT Al-Ahsan Kabupaten Seluma”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: I. Drs. Lukman, SS. M.Pd., 2. Kurniawan, M.Pd. Kata kunci: Undang-Undang Perlindungan Anak, Pola Didik Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru SDIT Al-Ahsan yang cenderung lebih intensif memberikan pendidikan maupun pengajaran terhadap peserta didik akan tetapi jarang sekali memberikan hukuman (punishment) baik bersifat fisik ataupun bersifat verbal kepada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah. Adanya Undang-Undang Perlindungan Anak terlihat sedikit sekali memberikan ruang bagi guru dalam pelaksanaannya untuk melakukan pembelajaran dan pembentukan karakter siswa. Sehingga masih adanya kekhawatiran guru dalam memberikan hukuman yang tegas terhadap siswa yang melakukan pelanggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap pola didik guru SDIT Al-Ahsan Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas, homogenitas, dan linearitas) dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di SDIT Al-Ahsan Kabupaten Seluma, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap pola didik guru SDIT Al-Ahsan Kabupaten Seluma. Hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan uji-t ( )yaitu sebesar 4,023 yang apabila dibandingkan dengan dengan df 11 (df = n – k = 13 – 2 = 11) pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) adalah sebesar 1,795. Maka diperoleh nilai lebih besar dari yaitu 4,023 > 1,795. Yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap pola didik guru SDIT Al-Ahsan Kabupaten Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Undang-Undang Perlindungan Anak, Pola Didik Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:47
Last Modified: 29 Mar 2021 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item