PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNIK MELIPAT KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LAYANG SAKTI DESA TALANG KABU KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA

PITRI, NELLPUS (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEKNIK MELIPAT KERTAS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LAYANG SAKTI DESA TALANG KABU KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NELLPUS PITRI BAB I-V_Edit.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kreativitas anak masih sangat kurang, ini dapat dibuktikan dengan kurangnya pemahaman anak terhadap pembelajaran yang diberikan, shingga anak-anak perlu diperhatikan lebih mendalam per individu, karena untuk dapat mengembangkan kreativitas anak yang lebih jauh. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pembuatan buku ajar melipat kertas origami untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun di TK Layang Sakti Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma? 2). Bagaimana validitas buku ajar melipat kertas origami dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun di TK Layang Sakti Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma? 3). Bagaimana efektivitas buku ajar melipat kertas origami untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun di TK Layang Sakti Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan R&D. Metode penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa: 1) Proses penelitian dan pengembangan buku ajar Melipat Kertas Origami terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun anak usia dini di Desa Talang Kabu telah menghasilkan sebuah produk yang telah divalidasikan dan sudah dinilai oleh para ahli dan sudah memperoleh kategori sangat baik oleh ahli guru praktik. Dan sehingga dapat disimpulkan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah layak untuk digunakan. 2) Kegiatan Melipat Kertas Origami terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahunnya dan disana di dalam Pre-Test anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 39,78 % dalam kategori Mulai Berkembang sedangkan hasil dari Post-Testnya anak mendapatkan pengembangan dengan nilai 79,68 % berkembang dengan baik, serta pada tahap post test ke-2 dengan hasil 94,14%, sehingga dapat kita simpulkan bahwasanya pengembangan bahan ajar dengan kegiatan melipat kertas origami ini sudah layak diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan pengembangan kreativitas anak usia dini usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Melipat Kertas Origami, Kreativitas Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:50
Last Modified: 01 Apr 2021 07:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item