Etika Konsumen Muslim Dalam Pelaksanaan Ijarah Indekos Yang Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pondokan Putri Sejahtera Kota Bengkulu)

Apriani, Peni (2017) Etika Konsumen Muslim Dalam Pelaksanaan Ijarah Indekos Yang Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pondokan Putri Sejahtera Kota Bengkulu). Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img] Text
Peni Apriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Etika Konsumen Muslim Dalam Pelaksanaan Ijarah Indekos Yang Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pondokan Putri Sejahtera Kota Bengkulu). Oleh Peni Apriani, NIM 131613217. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika musta’jir dalam pelaksanaan ijarah indekos yang dilakukan pada Pondokan Putri Sejahtera dan untuk mengetahui etika musta’jir dalam pelaksanaan ijarah indekos pada Pondokan Putri Sejahtera apakah sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan kepustakaan. Instrumen penelitian menggunakan buku catatan, pedoman wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa etika mus’tajir dalam pelaksanaan ijarah indekos pada Pondokan Putri Sejahtera adalah sebagai berikut: 1. Perjanjian, banyak mu’ajir yang tidak mematuhi isi perjanjian yang sudah dibuat. 2. Penyerahan, dalam penyerahan barang dilakukan dengan semestinya. 3. Peraturan, banyak musta’jir yang tidak mematuhi peraturan, tidak menjaga kebersihan, dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. Etika musta’jir ditinjau dari etika bisnis Islam adalah: 1. Perjanjian yang dilakukan pada Pondokan Putri Sejahtera ini sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena didalam perjanjian sudah dijelaskan apa yang seharusnya dilakukan musta’jir dalam sewa menyewa indekost. 2. Penyerahan yang dilakukan pada Pondokan Putri Sejahtera sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena didalam penyerahan yang dilakukan sudah menunjukkan adanya prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu salah satunya adalah prinsip umum penyerahan total. 3. Peraturan yang ada pada Pondokan Putri Sejahtera belum sesuai dengan etika bisnis Islam karena dengan adanya peraturan seharusnya musta’jir mematuhi semua peraturan yang ada tetapi pada Pondokan Putri Sejahtera banyak musta’jir yang tidak mematuhi peraturan itu. Dengan tidak mematuhi peraturan itu berarti belum para musta’jir belum menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis yaitu prinsip tanggung jawab dan kejujuran. Kata kunci: Musta’jir, Ijarah, dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Wawan Kurniawan
Date Deposited: 17 Mar 2019 01:16
Last Modified: 17 Mar 2019 01:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item