PENGARUH SELF-CONTROL DAN SELF-ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA DI MTS DARUSSALAM KOTA BENGKULU

PUTRI, SYAHIDAH (2021) PENGARUH SELF-CONTROL DAN SELF-ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA DI MTS DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAHIDAH PUTRI pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syahidah Putri, Februari, 2021, “Pengaruh Self-Control Dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Di MTs Darussalam Kota Bengkulu”, Skripsi Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing I: Drs. Sukarno, M.Pd dan Pembimbing II: Poni Saltifa, M.Pd. Kata kunci: Self-Control (pengendalian diri), Self-esteem (percaya diri, harga diri), hasil belajar. Penulisan skripsi ini berangkat dari kejadian yang penulis temukan dilapangan mengenai kurangnya pengendalian diri seperti: menunda-nunda tugas, membuat tugas asal-asalan, dan kurangnya kepercayaan diri siswa saat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Karena hal itu ada sebagian anak yang memperoleh tingkat hasil belajar yang kurang dari standar kriteria ketuntasan minimun. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti: 1) Pengaruh selfcontrol terhadap hasil belajar, 2) Pengaruh self-esteem terhadap hasil belajar, dan Pengaruh Self-Control dan Self-Esteem Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa di MTs Darussalam Kota Bengkulu. Metodologi yang penulis lakukan yaitu menggunakan metode Ex Post Facto dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling, dengan variabel bebas yaitu Self-Control, Self-esteem dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Penulis menggunakan uji deskriptif dan uji inferensial regresi linier berganda. Dengan Hasil penelitian yang menyatakan bahwa: terdapat pengaruh antara Self-Control dengan hasil belajar dengan nilai (4.974 > 2,080), tidak terdapat pengaruh antara self-esteem dengan hasil belajar dengan ditujnukkannya nilai (1.534 > 2,080), dan terdapat pengaruh antara self-control dan self-esteem secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai f hitung > f tabel (29.394 > 3,47) maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara self-control dan self-esteem terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self-Control (pengendalian diri), Self-esteem (percaya diri, harga diri), hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:51
Last Modified: 01 Apr 2021 07:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item View Item