ARISKA, WINDA (2021) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL SISWA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
pdf, windaaa ariska.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Winda Ariska 1611210096, 2021, “Peran Guru Dalam Menanakan Nilai-Nilai Moral Siswa Perspektif Pendidkan Islam”. Skripsi : Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. H. Hery Noer Aly, MA 2. Hamdan, M. Pd. I Kata Kunci: Peran guru, Pendidikan Islam, Penanaman Nilai-Nilai Moral Percepatan arus globalisasi dunia telah mempengaruhi sendi kehidupan bahkan telah mengikis nilai-nilai moral siswa, sehingga membuat siswakehilangan identitas, serta terasing dari diri, dan lingkungan yang dianutnya.Dalam kondisi sekarang ada faktor eksternal yang terealisasikan secara realita kebudayaan yang terus berubah-ubah karena banyaknya budaya barat yang masuk yang akan mempersulit mempertahankan sopan satun dimanapun dan kapanpun. Sedangkan untuk faktor internal yang mempengaruhi hilangnya moral siswa Indonesia itu pada diri siswa itu sendiri, keluarga, lingkungan, tempat nongkrong, lingkungan sekolah, ataupun media massa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis peran seorang guru.(2) Mendeskripsikandan menganalisisnilai-nilai moral. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam membentuk nilai-nilai moral siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) karena data yang digunakan dalam penelitian berasal dari bahan-bahan kepustakaan yaitu buku-buku, kitab-kitab, jurnal, artikel ilmiah, hasil penelitian terdahulu, dan sumber-sumber tulisan lain yang mendukung penelitian ini. Sumber data primer menggunakan buku-buku yang memuat pemikiran peran guru, pendidikan Islam, nilai-nilai moral, sedangkan sumber data sekunder menggunakan buku-buku, skripsi dan jurnal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi data. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam pendidikan Islam sangatlah penting. Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan siswa dengan harus mengupayakan seluruh potensi yang ada di dalam dirinya. Guru memiliki beberapa peran dalam menangani siswa yakni; korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor dan evaluator. 2) Nilai moral adalah sebuah tolak ukur benar atau tidak benarnya suatu perbuatan, tingkah laku dan sikap seseorang terhadap sesamanya maupun terhadap lingkungannya. 3) Jika seorang guru menyadari dan mampu menjalankan secara keseluruhan perannya kepada siswa, maka tidak akan ditemui kendala/ kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai moral pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Pendidikan Islam, Penanaman Nilai-Nilai Moral |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 03:49 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 03:49 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5684 |
Actions (login required)
View Item |