UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN BACAAN DO'A SESUDAH SHALAT PADA SISWA MTS NEGERI 02 KABUPATEN BENGKULU TENGAH

MUKTI, SAIDUN (2021) UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN BACAAN DO'A SESUDAH SHALAT PADA SISWA MTS NEGERI 02 KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan bacaan do‟a setelah sholat siswa pada materi sholat fardhu masih sangat kurang. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang kurang mampu hapal bacaan do‟a setelah sholat. Selain itu minat siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah di sekolah juga masih kurang. Begitupun dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga ada siswa yang memiliki nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berada di bawah standar KKM yakni 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru agama Islam dalam pembinaan kemampuan bacaan do‟a sesudah shalat pada siswa MTs Negeri 02 Kabupaten Bengkulu Tengah adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru agama Islam dalam pembinaan kemampuan bacaan do‟a sesudah shalat pada siswa MTs Negeri 02 Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan guru fiqih di MTs Negeri 02 Bengkulu Tengah dalam membina siswa untuk shalat berjamaah dan do‟a/dzikir sesudah shalat adalah sebagai korektor, informatory, organisator, motivator, fasilitator, pembimbing, dan evaluator. Untuk mendukung usaha yang dilakukan guru tersebut, mereka menggunakan instrument berupa absen dan membuat jadwal shalat. Dengan tujuan agar siswa mau melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Selain itu usaha guru dengan member nilai tambahan bagi siswa yang melaksanakan shalat, sedangkan bagi yang tidak shalat akan mendapatkan hukuman berapa sujud dilapangan basket. Pemberian hukuman dan penambahan nilai yang diberikan guru kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat berdampak positif bagi siswa tersebut, banyak siswa yang menjadi rajin shalat setelah diberi penambahan nilai dan juga banyak siswa yang shalat setelah diberikan hukuman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: guru Agama Islam, Bacaan Doa, Sesudah shalat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:54
Last Modified: 05 Apr 2021 03:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5694

Actions (login required)

View Item View Item