PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATERI ASAM BASA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DI SMA NEGERI 7 BENGKULU SELATAN

WIDIANTI, WILZI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATERI ASAM BASA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DI SMA NEGERI 7 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WILZI 23 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wilzi Widianti, NIM. 1611260017, Desember, 2020, Judul “Pengembangan Modul Praktikum Materi Asam Basa Dengan Model Guided Inquiry Di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan”. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Kasmantoni, M.Si., 2. Raden Gamal Tamrin. K., M.Pd. Kata Kunci: Materi asam basa, guided inquiry, modul, kelayakan, kepraktisan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum materi asam basa dengan model guided Inquiry yang layak dan praktis untuk digunakan setelah divalidasi oleh beberapa ahli dan direspon oleh guru dan siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap melakukan perencanaan, tahap mengembangkan produk awal, tahap pengujian lapangan awal, tahap revisi terhadap produk, tahap uji coba lapangan utama (uji coba skala kecil), tahap revisi produk yang siap dioperasionalkan, dan tahap produk akhir. Penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba skala kecil yaitu kelayakan dan kepraktisan modul. Instrument yang digunakan adalah angket untuk kelayakan modul dan angket respon siswa dan guru untuk menguji kepraktisan modul. Subjek penelitian adalah 3 dosen Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yang terdiri atas 1 dosen ahli bahasa, 1 dosen ahli materi, dan 1 dosen ahli media Serta 17 orang siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan beserta 1 orang Guru Kimia. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen persentase pencapaian kriteria kelayakan dan kepraktisan modul praktikum asam dan basa dengan model guided inquiry yang dikembangkan. Modul praktikum materi asam basa dengan model guided inquiry yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase 76,00 % (ahli bahasa), 81,25 % (ahli materi), 98,82 % (ahli desain/media) dengan kategori layak, sangat layak, dan sangat layak. Praktis untuk digunakan dengan persentase respon 17 orang siswa 92,72 % (kategori sangat praktis), dan respon 1 orang guru IPA dengan persentase 88,75 % (kategori sangat praktis). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul telah layak dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi asam basa di SMA untuk kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Materi asam basa, guided inquiry, modul, kelayakan, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:16
Last Modified: 06 Apr 2021 01:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item