The Effectiveness of Socioaffective Strategies Toward Students' Improvement of Self confidence in Speaking

Clara Syinta, Vanessa (2021) The Effectiveness of Socioaffective Strategies Toward Students' Improvement of Self confidence in Speaking. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Thesis Vanessa Clara Syinta.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan yang lebih baik setelah siswa diajar dengan menggunakan Strategi Sosio-Afektif terhadap Percaya Diri Siswa dalam Berbicara pada siswa semester III di IAIN Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah kelas C Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sample. Dengan desain penelitian eksperimental semu dengan desain time series, sehingga penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel. Penulis melakukan 3 kali pretest, 3 kali perlakuan dengan strategi sosio-afektif, dan 3 kali posttest. Dalam pretest dan posttest peneliti menyiapkan kuesioner kepercayaan diri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi sosio-afektif dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran sosio-afektif efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara. Hal ini ditunjukkan dengan mean pretest pertama 47,48 dan mean postet pertama 67,35. Rerata pretes kedua adalah 56,65 dan postet kedua dengan rerata 73,26. Dalam pretest 3 mean adalah 68,91 dan postetst pertama dengan mean 77,74. Kemudian dihitung menggunakan rumus One Way Anova (uji homogenitas varian). Karena harga F_hitung = 10.087> F_tabel = 3.14 dan P-value (sig.) = 0.000 <0.05. Kemudian H_0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi sosio-afektif terhadap kepercayaan diri berbicara pada mahasiswa semester III di IAIN Bengkulu tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosial Afektif, Meningkatkan Percaya Diri Siswa Dalam Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:17
Last Modified: 06 Apr 2021 01:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item