ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE IKLAN KOSUMEN ROKOK GUDANG GARAM INTERNASIONAL DI MEDIA YOUTUBE

ERYZA, eryza (2021) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE IKLAN KOSUMEN ROKOK GUDANG GARAM INTERNASIONAL DI MEDIA YOUTUBE. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Eryza 1711310003.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eryza, 1711310003, 2021. Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Iklan Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional. Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat. Perkembangan dunia bisnis dan industri menimbulkan adanya persaingan dalam meraih konsumen. Salah satu langkah untuk menarik hati konsumen, perusahaan menggunakan media iklan. Iklan Rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam muncul sebagai upaya untuk mengangkat produk rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam ditengah persaingan produk-produk rokok sejenis. Banyaknya iklan-iklan tentang rokok menyebabkan produsen iklan harus membuat berbagai variasi dan inovasi agar iklan yang diproduksi mampu menimbulkan image tertentu yang mampu diingat oleh masyarakat. Salah satu image yang ingin ditampilkan pada iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam adalah representasi maskulinitas dengan penggambaran iklan yang banyak menampilkan sosok lelaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kuasa maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi semiotika komunikasi. Objek penelitian adalah iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika Charles Sanders Pierce. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan: (1) representasi maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam terbagi dalam dua representasi yaitu penampilan fisik laki-laki maskulin dan atribut pendukung yang melambangkan maskulinitas, (2) representasi penampilan laki-laki maskulin dalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam \ meliputi dada bidang, rambut, dan sorot mata tajam, (3) representasi pendukung yang melambangkan maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam meliputi sikap pantang menyerah, (3) penggunaan representasi maskulinitas pada iklan rokok Gudang Garam pada website Gudang Garam Super oleh pengiklan ditunjukkan untuk menunjukkan produk rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam yang memiliki cita rasa lelaki yaitu mantap, serta ingin menunjukkan image orang yang merokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam sebagai pribadi laki-laki yang macho, berani, pantang menyerah, dan keras. Kata Kunci: Representasi, Iklan, Rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Iklan, Rokok.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:18
Last Modified: 06 Apr 2021 01:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item