STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOTA BENGKULU DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESERTA HAJI

KHAIRULLAH, KHAIRULLAH (2021) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOTA BENGKULU DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESERTA HAJI. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABENK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi komunikasi Humas tidak lepas dari peran panitia pelaksana manasik haji dan umroh Kementerian Agama kota Bengkulu. Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi panitia pelaksana manasik haji dan umroh Kementerian Agama kota Bengkulu dalam meningkatkan pengetahun tentang proses pelaksanaan haji kepada jama’ah peserta haji, 2) Media apa yang digunakan panitia pelaksana haji dan umroh dalam menyampaikan pesan tentang pelaksanaan haji. Jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuraikan, dianalisis, dan dibahas secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa: Strategi Komunikasi Humas kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu dalam meningkatkan pengetahuan tentang proses pelaksanaan manasik haji, langkah pertama yakni dengan mengadakan sosialisasi secara langsung maupun lewat media, surat panggilan dan buku pedoman untuk mengikuti manasik haji, menggunakan metode redudancy sebelum berangkat haji peserta dibekali dengan bimbingan yang diberikan oleh ketua kloter, pembimbing, maupum KBIHU dan menggunakan metode canalizing dengan melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada peserta haji dan menyampaikan bimbingan secara umum agar mudah dipahami oleh peserta haji. Sedangkan, Media Penyampaian Pesan Tentang Pelaksanaan Haji Kementerian Agama Kota Bengkulu menggunakan media online youtube dan media cetak seperti buku panduan, dan memberikan manasik online dengan membuat konten-konten yang menarik, singkat, jelas, dan padat dengan antusias dan bersemangat. Adapun faktor penghambat yakni perbedaan karakteristik tiap jama’ah dan tempat atau lokasi sosialisasi. Sedangkan faktor Pendukung yakni antusias dari para jamaah, kepercayaan kepada panitia penyelenggara dan fasilitas yang disediakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Strategi Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:18
Last Modified: 06 Apr 2021 01:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item