Pelaksanaan Promosi Produk ARRUM di Pegadaian Syariah Cabang Kota Bengkulu

Azhari, Reduan (2016) Pelaksanaan Promosi Produk ARRUM di Pegadaian Syariah Cabang Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
REDUAN AZARI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

REDUAN AZARI, NIM 2113137324, 2016. “Pelaksanaan Promosi Produk ARRUM di Pegadaian Syariah Cabang Kota Bengkulu”. Perbankan Syariah. Program Strata satu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Penelitian ini mengkaji mengenai promosi produk ARRUM pada Pegadaian Syariah Cabang Kota Bengkulu. ARRUM merupakan produk pembiayaan dengan sistem angsuran bulanan yang diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem jaminan BPKB kendaraan bermotor. Berdasarkan observasi awal dan wawancara langsung penulis pada pegadaian syariah cabang kota Bengkulu, diketahui bahwa peningkatan jumlah nasabah yang menggunakan produk ARRUM dari tahun ke tahun belum sesuai dengan yang ditargetkan seblumnya yaitu minimal 100 nasabah, namun pada tahun 2015 nasabah produk ARRUM hanya 80 nasabah. Maka dari itu, penulis meneliti Tentang Pelaksanan Promosi Produk ARRUM di Pegadaian Syariah Cabang Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi produk ARRUM pada pegadaian syariah cabang kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun lokasi penelitian di Pegadaian syariah cabang kota Bengkulu (Simpang Sekip). Data penelitian ini terdiri dari data primer melalui wawancara kepada pihak pegadaian yaitu pimpinan cabang PT. Pegadaian Syariah bapak Irfan Effendi,S.E, pegawai atau penaksir cabang, Zulkifli SH, dan wawancara dengan 8 orang nasabah pegadaian syariah cabang kota Bengkulu yang menggunakan produk ARRUM, serta data sekunder melalui studi kepustakaan meliputi: buku, laporan penelitian, data elektronik dan lain sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan yang di teliti. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan promosi produk ARRUM di pegadaian syariah cabang kota Bengkulu telah dilakukan melalui media massa atau cetak, kunjungan ke pasar, kunjungan ke sekolah-sekolah, dan promosi langsung dari karyawan pegadaian syariah kepada masyarakat dengan cara memberikan brosur ketika sedang melakukan pembayaran listrik, pulsa, dan transaksi lainnya yang dilakukan di kantor pegadaian syariah cabang (simpang sekip) kota Bengkulu. Namun dalam pelaksanaan promosi produk Arrum di pegadaian syariah cabang kota Bengkulu tersebut mengalami beberapa kendala yaitu terbatasnya jumlah atau sumber daya karyawan terutama tidak adanya karyawan yang menangani khusus dibidang promosi produk ARRUM dan terbatasnya waktu yang dimiliki oleh pegadaian syariah cabang kota Bengkulu untuk melakukan promosi. Kata Kunci : Promosi , Produk ARRUM, Brosur Pegadaian Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Mr Wawan Kurniawan
Date Deposited: 17 Mar 2019 01:17
Last Modified: 17 Mar 2019 01:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item