ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP SELFCONFIDANCE DAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR PADA SISWA SMP NEGERI 16 BENGKULU SELATAN

ANDEKAPUTRI, EMA (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP SELFCONFIDANCE DAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR PADA SISWA SMP NEGERI 16 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
cd.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cd.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ema Andekaputri, NIM: 1611280001, Skripsi “Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap SelfConfidance dan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Aljabar Pada Siswa SMP Negeri 16 Bengkulu Selatan”.Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. Nelly Marhayati, M.Si, 2. Betti Dian Wahyuni, M.Pd Mat Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Self-Confidance, Self-Efficacy. Berdasarkan hasil observasi peneliti, siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bengkulu Selatan, masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran aljabar hal ini juga berdampak terhadap self-confidance dan selfefficacy siswa yang masih rendah dan mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Self-Confidance dan Self-Efficacy siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Aljabar Pada Siswa SMP Negeri 16 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Angket pretest dan postest. Uji validasi yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik Alfa Cronbach. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil posttest angket Selfconfidance siswa yang telah diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 73,51 dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 69,45. Perhitungan uji-t pada posttest angket self-confidance thitung (3,333) > ttabel(2,000) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap SelfConfidance dalam pembelajaran Aljabar pada siswa SMP Negeri 16 Bengkulu viii viii Selatan. Selanjutnya, untuk Postest angket Self-Efficacy kelas VIII A diperoleh rata-rata sebesar 81,03 dan kelas VIII B sebesar 68,61. Perhitungan uji-t pada posttest angket self-efficacy thitung (8,221) > ttabel(2,000) yang artinya terdapat perbedaan Self-Confidance dan Self-Efficacy siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dalam pembelajaran Aljabar pada siswa SMP Negeri 16 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Self-Confidance, Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:20
Last Modified: 06 Apr 2021 01:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item