IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI 01 MUARA KEMUMU KABUPATEN KEPAHIANG

TIENSI, TIENSI (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI 01 MUARA KEMUMU KABUPATEN KEPAHIANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Tiensi.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan toleransi pluralisme dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri 01 Muara Kemumu dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru Kelas IV, V dan VI SD Negeri 01 Muara Kemumu dan siswa Kelas IV-VI. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan toleransi pluralisme dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 01 Muara Kemumu yaitu guru menerapkannya dalam pembelajaran tematik dengan menerapkan strategi pembelajaran storybook dan diskusi kelompok dengan menampilkan gambargambar dari buku tematik siswa atau dari internet juga menayangkan video yang faktual mengenai keberagaman kehidupan beragama dan perekonomian masyarakat Indonesia. Dalam proses pembelajaran, guru memberikan berbagai nasehat dan pesan-pesan agar siswa menerapkan sikap toleransi terhadap perbedaan agama dan ekonomi serta menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari; 2) Hambatan dalam implementasi nilai-nilai pendidikan toleransi pluralisme dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 01 Muara Kemumu, yaitu kurangnya kesadaran siswa untuk bersikap toleransi terhadap kehidupan yang pluralis/beragam khususnya di lingkungan sekolah, walaupun guru sering memberikan pemahaman kepada siswa. Guru juga belum memiliki kompetensi yang memadai dalam menyeleksi dan mengintegrasikan aspek-aspek pada nilai toleransi-pluralisme, seperti aspek agama dan budaya yang relevan dengan isi dan topik tema pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi, Toleransi Pluralisme, PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:21
Last Modified: 06 Apr 2021 01:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item