PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

FEBRIANI, REVI (2021) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
revi cd.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama : Revi Febriani NIM : 1611240085 Prodi : Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah (PGMI) ABSTRAK Tujun penelitian ini adalah a). Untuk mengetahui relevansi pemikiran metode pendidikan Al Ghozali dengan pendidikan anak usia sekolah dasar. b). Untuk mengetahui relevansi materi pendidikan Al Ghozali dengan pemikiran pendidikan usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library research (kepustakaan). Teknik pengumpulan data metode studi dokumen atau “literature study”. Berdasarkan hasil penelitian Metode dalam proses belajar perspektif Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad ada dua jenis metode yang dipergunakan dalam pendidikan Islam, yaitu metode pembentukan kebiasaan dan metode tazkiyatu alnafs. Relevansi dengan kondisi sekarang dalam menerapkan metode pendidikan menurut Al-Ghazali baik itu metode pembiasaan dan juga metode Tazkiyatun Nafs Terpenting adalah yang baik artinya bagi pembentukan watak anak-anak, dan juga akan terus berpengaruh kepada anak itu sampai hari tuanya. Menanamkan kebiasaan pada anak-anak adalah sukar dan kadang-kadang memakan waktu yang lama. Maka dari itu, lebih baik menjaga anak-anak kita supaya mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang baik dari pada terlanjur memiliki kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik nantinya dengan menerapkan metode pendidikan anak di sekolah dasar khususnya usia 7-12 tahun karena pada usia ini karakter anak dapat di biasakan. 2. Penekanan Al-Ghazali terhadap materi fiqih Syafi‟i, kalam Asy‟ari dan tasawuf Junaid Al-Baghda. Materi pendidikan di sekolah dasar bahkan sangat kuat mengesankan pengaruh pemikiran Al-Ghazali, terutama pada lembagalembaga pendidikan berbasis Islam terpadu. Seperti yang terjadi saat ini, sudah relevan adanya metode dan materi menurut al-Ghazali tersebut diterapkan dimana sekarang ini sudah banyak Sekolah dasar yang berbasis Islam Terpadu yang memang sudah membiasakan anak-anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik dan juga anak-anak diajarkan pada materi yang bernuansa Islami. Kata kunci: Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali, Pendidikan Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali, Pendidikan Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:21
Last Modified: 06 Apr 2021 01:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5781

Actions (login required)

View Item View Item