PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZH AL-MARKAZ KOTA BENGKULU

Putra, Gemy Radisa (2021) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZH AL-MARKAZ KOTA BENGKULU. Other thesis, PAI.

[img]
Preview
Text
Gemi Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di Rumah Tahfiz Al-Markaz Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan tentang Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Tahfiz Al-Qur’an dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Tahfiz Al-Qur’an yang diterapkan di Rumah Tahfiz Al-Markaz Kota Bengkulu adalah dengan 2 macam model pembelajaran antara lain: (1) model pembelajaran tahsin dimana para santri ketika baru pertama kali belajar AlQur’an di Rumah Tahfiz Al-Markaz mereka belajar tahsin atau belajar membaca sesuai tajwid dan makhorijul huruf, bacaan yang harus diperbaiki dimulai dari surat Al-Fatihah, kemudian surat An-nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas sampai selesai juz 30, metode yang sering digunakan adalah metode Qiraati dan Iqra’, belajar Al-Qur’an secara tatap muka langsung antara santri dan ustad, 3 kali pertemuan dalam 1 pekan. (2) model pembelajaran tahfiz yaitu dengan cara setoran hafalan minimal 1 halaman setiap pertemuan, kemudian setelah setoran dicatat dalam buku catatan setoran hafalan santri apakah layak lanjut ke halaman berikutnya atau dimuroja’ah ulang, dan metode yang sering digunakan adalah metode talaqqi dan metode sima’i karena metode inilah yang sering dipakai santri Rumah Tahfiz Al-Markaz dalam menghafal Al-Qur’an. Selain model pembelajaran tahsin dan tahfiz yang dipakai ustad dalam proses pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfiz Al-Markaz, para ustad dan ustadzah juga menggunakan model pembelajaran orang dewasa, agar pembelajarannya berjalan dengan baik dan para santri lebih cendrung dihargai dengan adanya model pembelajaran ini meskipun masing-masing individu mempunyai kesibukan dan profesi yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:06
Last Modified: 04 Mar 2021 04:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5818

Actions (login required)

View Item View Item