PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SDN 05 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Rahayu, Rafika Gusti (2021) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SDN 05 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAFIKA GSTI RAHAYU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Adapun. Metode penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1-VI yang berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi maka jumlah sampel siswa diambil 61 siswa dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan Angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 siswa diluar subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji Normalitas, uji linearitas, uji-t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian variabel tingkat pendidikan orang tua (X) dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar (Y). Hal ini terlihat dari signifikan tingkat pendidikan orang tua 0,000 < 0,05 dan nilai ttabel = t (α/2: n-1 = t ( 0,025: 60) = 2.00030. Berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (11.557 > 2.00030), maka Ho di tolak. Sehingga hipotesis ada pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua (X) terhadap kedisiplinan belajar siswa (Y) SD Negeri 05 kebawetan kabupaten kepahiang. Koefisien korelasi R= 0,833. Nilai ini mempunyai arti bahwa variabel tingkat pendidikan orang tua (X) mempengaruhi variabel kedisiplinan belajar siswa (Y) sebesar sebesar 69,4%, memberikan sumbangan sebesar R Square = 0,694 atau 69,4% dalam mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa SDN 05 kabawetan kabupaten kepahiang sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel�variabel lain yang tidak di teliti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 28 May 2021 07:47
Last Modified: 28 May 2021 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item