Saputra, Ardi (2021) PERAN ORANG TUA SISWA DALAM MENDAMPINGI PROSES PEMBELAJARAN DARING ( Dalam Jaringan) PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN IPS: )Studi Kasus Siswa MTSN 02 di RT 10. RW 08 Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
ardi cd.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 2) faktor-faktor apa saja yang menghambat peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi, Serta sebagai bahan analisis menggunakan teori Sugiyono dan Lexi J Moleong. Subyek penelitian ini adalah orang tua yang tinggal di RT 10 RW 08 memiliki siswa yang bersekolah di MTSN 02 Kota Bengkulu yang berjumlah empat siswa. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring diantaranya : a). orang tua berusaha memberikan fasilitas pembelajaran daring berupa smartphone, pulsa internet b). orang tua berusaha mendampingan proses pembelajaran daring c). orang tua memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa untuk semangat belajar. 2) faktor yang menjadi penghambat peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajran daring adalah faktor kesibukan rumah tangga dan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 02:33 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 02:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5922 |
Actions (login required)
View Item |