THE IMPLEMENTATION OF REWARDS AND PUNISHMENTS ON STUDENTS IN TEACHING ENGLISH OF SMP 32 MUKOMUKO

Wahyuni, Sri (2021) THE IMPLEMENTATION OF REWARDS AND PUNISHMENTS ON STUDENTS IN TEACHING ENGLISH OF SMP 32 MUKOMUKO. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Thesis Sri Wahyuni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi hadiah dan hukuman dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 32 Mukomuko Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Penerapan hadiah dan hukuman dalam pembelajaran bahasa Inggris diambil dari observasi dan wawancara sedangkan respon siswa diambil dari angket. Berdasarkan analisis data dengan model interaktif, ditemukan bahwa guru menggunakan hadiah dan hukuman dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk mengontrol perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Jenis hadiah yang digunakan guru adalah memberi gerak tubuh, ekspresi, nilai tambah, dan pujian. Kemudian jenis hukuman adalah penambahan tugas, menghafal kosakata, peringatan, penurunan nilai siswa, dan memindahkan posisi duduk siswa. Siswa yang antusias terhadap hadiah dan hukuman 66% setuju, 43% minat belajar siswa meningkat setelah penerapan penghargaan. Sedangkan 43% siswa tidak mengulangi perilaku buruk. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan hadiah dan hukuman oleh guru bahasa Inggris sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang semakin meningkat dan perilaku buruk sudah jarang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:06
Last Modified: 23 Jun 2021 03:06
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item