“Pembelajaran Inovatif Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 1 Kelas 2 SD IT Al Qiswah Kota Bemgkulu

Amanat Tullah, Anika Nur (2021) “Pembelajaran Inovatif Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 1 Kelas 2 SD IT Al Qiswah Kota Bemgkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NUR AMANAT TULLAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran tematik di SD IT Al Qiswah Kota Bengkulu terdapat siswa yang kurang aktif saat pembelajaran berlangsung, pembelajaran cenderung mengunakan metode pembelajaran yang sama di setiap pembelajaran dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif ketika pembelajaran dilakukan. Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penetian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pembelajraninovatif dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran tematik tema 1 kelas 2, (2) Problematika apa saja yang dialami dalam pembelajaran inovatif, (3) Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran inovatif di SD IT Al Qiswah. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran inovatif dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran tematik tema 1 kelas 2 SD IT Al Qiswah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Penelelitian ini mengunakan teknik pengunpulan data yang meliputi: wawancara, opservasi dan dokumentasi, dengan demikian dapat di pahami pembelajran inovatif dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran tematik tema1 kelas 2 SD IT Al Qiswah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran inovatif dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran tematik tema1 kelas 2 SD IT Al Qiswah adalah pembelajaran inovatif dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini sudah terlaksana namun kuran konduksif karena perbedaan karakteristik perindividu yang berbeda, tingkat kecerdasan yang tidak seimbang dan kesulitan dalam menyatukan perbedana-perbedaan setiap siswa. Model pembelajran inovatif yang digunakan ialah model make a match yang mana pembelajaran berbentuk simple dan juga menarik sehingga siswa cepat untuk menangkap materi yang di jelaskan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inovatif, Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:14
Last Modified: 18 Aug 2021 01:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item