PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Nuryanti, Nuryanti (2021) PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NURYANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan metode muroja’ah di SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu (2) apa saja kendalakendalam dalam penerapan metode muroja’ah di SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu (3) bagaimana hasil dari penerapan metode muroja’ah di SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari manusia, tempat, dan kertas yang diperoleh dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu ada 4 pelaksanaan muroja’ah hafalan Al-Qur’an, yaitu: 1) Muroja’ah hafalan bersama-sama dan disimak oleh ustadz/ustadzah, 2) Muroja’ah hafalan Al-Qur’an dilakukan bersama teman, 3) Muroja’ah hafalan yang lama dan baru kepada ustadz/ustadzah, 4) Ujian hafalan Al-Qur’an. Kendala-kendala dalam penerapan metode muroja’ah di SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu, yaitu: a) peserta tidak fokus, b) malas, c) kondisi lingkungan kurang efektif. Penerapan metode muroja’ah di SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu dalam menghafal Al-Qur’an peserta didik telah mampu mencapai target hafalan yang telah diprogramkan di sekolah, peserta didik mampu menghafal AlQur’an dengan baik, benar sesuai makhraj dan tajwidnya. Hafalan peserta didik setelah penerapan metode muroja’ah menjadi lebih lancar, fashih dan tartil. Dengan metode muroja’ah peserta didik mampu mempercepat hafalannya dibandingkan dengan tidak muroja’ah, selain itu hafalan peserta didik menjadi lebih kuat baik hafalan lama atau hafalan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:51
Last Modified: 18 Aug 2021 03:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item