PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PAI TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP NEGERI 15 LUBUKLINGGAU

Rukandi, Undian (2021) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU PAI TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP NEGERI 15 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
UNDIAN RUKANDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru PAI secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan karakter religius siswa SMP Negeri 15 Lubuklingau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Kepribadian Guru(X1) dan Kompetensi Sosial (X2) secara bersama-sama terhadap Karakter Religius Siswa (Y) SMP Negeri 15 Lubuklinggau. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru (X1) dan Kompetensi Sosial (X2) secara bersama-sama terhadap Karakter Religius Siswa (Y) berdasarkan hasil uji “f” pada hipotesis 3 sebesar 29.869 ini berarti f hitung > f tabel (29,869> 3,28) dan signifikansi (0.000 < 0.05). Berdasarkan hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (adjusted R square) yang diperoleh sebesar 0,629. Hal ini berarti 62% Karakter Religius Siswa SMP Negeri 15 Lubuklinggau yang dipengaruhi oleh variabel Kompetensi Kepribadian(X1) dan Kompetensi Sosial(X2), sedangkan sisanya yaitu 38% Karakter Religius Siswa SMP Negeri 15 Lubuklinggau dipengaruhi oleh yang berasal dari faktor biologis yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri. Faktor ini berasal dari keturunan atau bawaan yang dibawa sejak lahir dan pengaruh keturunan dari salah satu sifat yang dimiliki salah satu dari keduanya. Selanjutnya faktor lingkungan, di samping faktor-faktor hereditas (faktor endogin) yang relatif konstan sifatnya, milieu yang terdiri antara lain atas lingkungan hidup, pendidikan, kondisi dan situasi hidup dan kondisi masyarakat (semuanya merupakan faktor eksogin) semuanya berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter, termasuk di dalamnya adat istiadat peraturan yang berlaku dan bahasa yang digerakkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Kepribadian Guru dan Kompetensi Sosial Guru mata pelajaran PAI dapat memberikan pengaruh positif terhadap Karakter Religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Guru, Karakter Beragam
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 24 Aug 2021 00:56
Last Modified: 24 Aug 2021 00:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item