PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 5 LEBONG KECAMATAN LEBONG ATAS KABUPATEN LEBONG PROVINSI BENGKULU

Sundari, Mela (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 5 LEBONG KECAMATAN LEBONG ATAS KABUPATEN LEBONG PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DIA WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Lebong. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design. Quasi experimental design merupakan penelitian yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, tetapi dalam penelitian ini kelompok kontrol tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Lebong. Penggunaan metode problem solving pada proses pembelajaran cukup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan metode problem solving siswa dibentuk diskusi kelompok. Hal ini dapat dilihat thitung = 7,947 > ttabel =2,048 dengan taraf signifikasi 0,05%. Hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Lebong dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Hasil Belajar, Pendidikan Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:34
Last Modified: 31 Aug 2021 02:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5983

Actions (login required)

View Item View Item