IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 10 KABUPATEN SELUMA

Okviani, Oki (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 10 KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
OKI OKVIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas rendah di SD Negeri 10 Kabupaten Seluma dan untuk mengetahui hambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Implementasi pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas rendah di SD Negeri 10 Kabupaten Seluma yaitu bahwa pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi whatsapps dan whatsapps group pada setiap harinya, sedangkan seminggu sekali melakukan tatap muka dengan aplikasi zoom meeting. Tugas-tugas diberikan melalui pesan whatsapps dengan cara tugas dikirim lewat pesan whatsApps dan siswa memfoto tugas tersebut dan mengirimkan pada guru. Jika siswa masih belum memahami materi pelajaran maka guru dapat membantu menjelaskannya dengan melakukan whatsapps video call dengan siswa; b) Hambatan dalam pembelajaran daring yang dialami siswa dan orang tua di masa pandemi covid-19 di SD Negeri 10 Kabupaten Seluma seperti tidak semua anak memiliki fasilitas HP, ada orang tua yang tidak paham dengan teknologi HP, dan ada orang tua yang bekerja seharian di luar rumah sehingga menyebabkan orang tua sulit untuk mendampingi anak belajar serta memfasilitasi anak. Sedangkan hambatan yang dialami guru seperti jaringan internet menjadi kendala dalam pengumpulan tugas dan ketika melakukan tatap muka dengan aplikasi zoom meeting sehingga pembelajaran terganggu, adanya keterbatasan kuota internet, apabila siswa merasakan kebosanan dalam belajar daring di rumah, guru harus memikirkan strategi menciptakan pembelajaran daring yang menarik bagi siswa, ketidaktepatan waktu siswa dalam pengumpulan tugas, serta pemantauan kejujuran siswa dalam mengerjakan evaluasi/penilaian agak sulit dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Siswa Kelas Rendah, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:08
Last Modified: 02 Sep 2021 05:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item