PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 197 DESA BUKIT HARAPAN KECAMATAN PINANG RAYA BENGKULU UTARA

Sari, Puspita Enda (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 197 DESA BUKIT HARAPAN KECAMATAN PINANG RAYA BENGKULU UTARA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
enda puspita sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PraktikumTerhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 197 Desa Bukit Harapan Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Peneliti mengambil kelas VA dan VB untuk dijadikan sampel yang berjumlah 46 orang sebagai kelas eksperimen 23 orang dan kelas kontrol 23 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk penelitian kuantitatif. dan teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis praktikum pada kelas V. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar yaitu 90 dan kelas kontrol 68,04. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar IPA kelas kontrol terdapat analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pada kelas V, terdapat: 12 siswa dikelompok atas/tinggi (52,1%), 11 siswa dikelompok tengah/sedang ( 47,8%), dan tidak adasis wayang mendapatkan kelompok bawah/rendah. Sedangkan pada kelas eksperimen terdapat: 21 siswa dikelompok atas/tinggi (91,3%), 2 siswa dikelompok tengah/sedang ( 8,7%), dan tidak ada siswa dikelompok bawah/rendah. Dengan ttabel ditentukan dahulu df atau db = (N1 + N2) – 2= (23 + 23) – 2 = 44 dan nilai α= 0,05 di peroleh nilai t tabel sebesar 2,015. Dengan demikian thitung < ttabel (6,769 <2,015) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VSD Negeri 197 Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:11
Last Modified: 02 Sep 2021 05:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item