SISTEM FACE TO FACE MARKETING TERHADAP PEMAHAMAN NASABAH TABUNGAN iB HASANAH (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ipuh Kabupaten Mukomuko)

Alpino, Nedi (2020) SISTEM FACE TO FACE MARKETING TERHADAP PEMAHAMAN NASABAH TABUNGAN iB HASANAH (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ipuh Kabupaten Mukomuko). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Alpino PDF.pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1). Sistem face to face marketing terhadap pemahaman nasabah tabungan iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ipuh Kabupaten Mukomuko (2). Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem face to face marketing terhadap pemahaman nasabah tabungan iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ipuh Kabupaten Mukomuko. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif selanjutnya pembahasan disimpulkan secara deduktif yang menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang ditemukan peneliti bahwa sistem face to face marketing terhadap pemahaman nasabah mengenai produk tabungan iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Ipuh Kabupaten Mukomuko belum terlihat berhasil. Karena dari 10 imforman yang berhasil peneliti wawancarai yaitu: 5 dari karyawan/staff BNI Syariah KCP Ipuh, dan 5 orang nasabah. Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan hanya (1) orang nasabah yang cukup mengerti serta paham mengenai tabungan iB Hasanah, sedangkan (4) orang lainya belum mengerti serta memahami mengenai konsep yang ada ditabungan iB Hasanah tersebut. hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan 5 imforman dari krayawan/staff BNI Syariah mengatakan bahwa pemahaman nasabah mengenai tabungan iB Hasanah tersebut masih sangat awam sekali karena manyoritas nasabah belum mengerti konsep dibank syariah. Dalam pelaksanaan sistem face to face marketing ada bebarapa faktor penghambat yang ditemui kepada nasabah seperti, menset nasabah yang masih mengagap di BNI Syariah memakai sistem bunga, manyoritas nasabah masih terbiasa dengan sistem di Bank Kovensional, pendidikan yang masih rendah dari nasabah, dan karakter nasabah yang acu ta cu disaat berkmunikasi, sehingga pihak BNI Syariah mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman terhadap nasabah mengenai tabungan iB Hasanah. Sedangkan dalam pelakasanaan sistem face to face marketing pihak BNI Syariah sedikit terbantu dengan adanya beberapa faktor pendukung seperti : Fasilitas bank yang memadai, karyawan BNI Syariah cukup mumpuni dalamberkomunikasi, dan karakter masyarakat/nasabah yang terbuka dengan pihak BNI Syariah. Kata kunci : Sistem face to face marketing, pemahaman nasabah,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:04
Last Modified: 02 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item