Fahyana, Della (2021) "Pemanfaatan Media AudioVisual-Aids (AVA) Pada Pembelajaran PAI Sistem Daring Masa Pandemi Covid-19 Di SMA N 1 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DELLA FAHYANA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan bagaimana pemanfaatan Media AVA pada pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi covid-19 di SMA N 1 Kota Bengkulu, 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Media AVA pada pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi covid-19 di SMA N 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan, pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi, berupa gambar dan catatan pada profil sekolah. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan beberapa siswa kelas XI SMA N 1 Kota Bengkulu. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa media Audio-Visual-Aids (AVA) yang digunakan guru PAI dalam melakukan KBM daring (online). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan media AudioVisual-Aids (AVA) pada pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi covid-19 di SMA N 1 Kota Bengkulu, bahwa pemanfaatan media Audio-Visual-Aids dalam pembelajaran PAI sangat membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media Audio-Visual-Aids (AVA) pada pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi covid-19 di SMA N 1 Kota Bengkulu, bahwa sekolah maupun guru dan siswa mempunyai fasilitas untuk melakukan pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambat disini yaitu bahwa yang menjadi faktor penghambat dari pemanfaatan media AVA pada pembelajaran PAI secara daring yaitu bukanlah dari segi fasilitas namun kebiasaan yang harus dirubah secara signifikan. Dimana siswa harus membiasakan diri untuk memahami materi yang dulunya dijelaskan lewat tatap muka harus dilakukan secara daring dan mereka pun ada beberapa yang terkendala dengan sinyal dan ruang penyimpanan, dan pemahaman terhadap materi juga berkurang, karena perpindahan sistem pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah sebagai seorang pendidik khususnya guru PAI harus mampu memberikan inovasi pembelajaran terhusus dalam penggunaan media pembelajaran. Pemanfaatan Media Audio-Visual-Aids akan menjadi solusi yang baik untuk menyampaikn materi sehingga lebih mudah untuk dipahami, diingat, dan dilakukan oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media AVA, Pembelajaran PAI, Pembelajaran Sistem Daring. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 07:04 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6042 |
Actions (login required)
View Item |