Peran Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu

Marinda, Fenni (2021) Peran Sistem Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FENNI MARINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada Apa saja bentuk kegiatan, metode, faktor pendukung dan penghambat dan peran sistem boarding school dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apa saja bentuk kegiatan , metode, faktor pendukung dan penghambat dan peran sistem boarding school dalam pembentukan karakter siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan pola berfikir induktif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTs Al-Mubaarak Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah pembimbing asrama, guru-guru dan peserta didik yang tinggal di asrama. Sedangkan objek penelitiannya yaitu peran sistem asrama (boarding school) terhadap pembentukan karakter peserta didik. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis diperoleh hasil bahwasanya, 1. kegiatan yang dilaksanakan di asrama yaitu KBM, sholat dhuha, sholat berjemaah, muhadhoroh, muroja’ah, piket asrama, olahraga, mengaji bersama, dan keorganisasia. 2. Metode yang dilakukandalam pembentukan karakter siswayaitumetodepembelajaran, metode adat dan kebiasaan, metode keteladanan, metode pengasuhan, metode disiplin, metode pemberian nasihat dan metode punishmen.3. Faktor pendukung terbentuknya karakter siswa yaitu tersedianya fasilitas yang mendukung kegiatan asrama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang yang berbeda-beda antar siswa. 4. Adapun peran sistem boarding school dalam pembentukan karater siswa antara lain: menenamkan nilainilai pendidikan peserta didik, membiasakan nilai-nilai karakter peserta didik, mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik, dan mengevaluasi kegiatan nilai-nilai peserta didik. Dan adapun nilai-nilai karakter siswa yang dibentuk diantaranya ditanamkan nilai karakter religius, disiplin, kemandirian, tanggung jawab, hormat dan santun, percaya diri, suka tolong menolong dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Boarding School
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:04
Last Modified: 02 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item