Upiana, Eti (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN GURU KELAS DALAM MEMBIMBING KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 84 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI ETI UPIANA (PGMI).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peran Guru, Kemampuan Membaca Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru kelas dalam membimbing siswa dalam membaca, untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini penulis memilih penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Faktor pendukung ialah guru yang selalu bersemangat dalam mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, siswa dalam membaca, alokasi waktu yang cukup lama, lingkungan yang kondusif dan letak sekolah yang jauh dari pusat kota; faktor penghambat ialah siswa masih bermalas-malasan, kurangnya minat siswa dalam belajar, kurangnya dukungan dari orang tua terhadap anak dalam menunjang prestasi di sekolah; metode pembelajaran masih menggunakan metode yang monoton, minimnya fasilitas dan sarana untuk membaca. Solusi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca ialah guru melakukan pendekatan secara individual, meningkatkan minat membaca siswa, adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan keluarga atau orangtua, serta pihak sekolah dan guru terus meningkatkan mutu sekolah agar menjadikan pembelajaran lebih berkualitas, pihak sekolah dan guru terus melakukan untuk perbaikan pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 07:05 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6049 |
Actions (login required)
View Item |