Hasanah, Asiatul (2020) METODE GURU DALAM MENGAJARKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA SISWA SDLB NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI ASIATUL HASANAH.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Huruf Hijaiyyah, Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan pengalaman lapangan, penggunaan metode pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI di sekolah Luar Biasa masih menggunakan metode konfensional dan siswa masih kesulitan dalam menerima pembelajaran, tenaga pendidik yang jumlahnya kurang memadai dan latar belakang pendidikan yang bukan PLB juga menjadi penghambat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru dalam mengajarkan huruf hijaiyah pada anak berkebutuhan khusus pada siswa SDLB Negeri 01 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data berupa data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru PAI Bagi Siswa Tunarungu Tingkat SDLB di SLB Negeri 01 Kota Bengkulu mengenai pemahaman metode pembelajaran, pemilihan metode serta implementasi metode pembelajaran pada materi huruf hijaiyyah sudah cukup baik Metode yang digunakan guru dalam mengajarkan huruf hijaiyyah pada siswa tunarungu menggunakan metode iqro’ dengan strategi individual dan penggunaan pendekatan metode oral dan bahasa isyarat. Penggunaan metode ini memiliki efektivitas yang cukup tinggi untuk di terapkan pada siswa tunarungu tingkat SDLB.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:07 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 07:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6067 |
Actions (login required)
View Item |