RELEVANSI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM SURAT AL-AN’AM AYAT 151-153 TERHADAP KURIKULUM PAI (Studi Tafsir Al Misbah)

Firmawati, Firmawati (2020) RELEVANSI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM SURAT AL-AN’AM AYAT 151-153 TERHADAP KURIKULUM PAI (Studi Tafsir Al Misbah). Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS GABUNG BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 dan bagaimana implementasi dan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 dalam tafsir al-Misbah terhadap kurikulum PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 dan untuk menjelaskan implementasi dan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 dalam tafsir al-Misbah terhadap kurikulum PAI di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, dengan data penelitian kepustakaan yang dibagi menjadi sumber data primer dan sumber data sekunder yang di dapat melalui mengumpulkan bahan pustaka, Memilih bahan pustaka yang dijadikan sumber data primer, Membaca bahan pustaka yang telah dipilih secara manual, setelah itu dilakukan analisis kualitatif secara penafsiran. Dari hasil penelitian didapati bahwa bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 menurut tafsir Al-Misbah, yaitu; a) religius, b) jujur, c) tanggung jawab, d) kepedulian social, e) santun dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam surat Al-An‟am ayat 151-153 dalam tafsir alMisbah dapat diimplementasikan melalui pembelajaran di kelas. Dimana guru sebagai model dari akhlak yang diajarkan dan pembentukan lingkungan sekolah yang berakhlaqul karîmah, kemudian relavansi pendidikan karakter dalam tafsir al-Misbah terhadap kurikulum PAI di kelas dapat dilihat dalam dua sisi, yakni materi dan proses pembelajaran. Dari segi materi Pendidikan Agama Islam dapat tercakup nilai pendidikan karakter. Pada dasarnya karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan Pendidikan Agama Islam. Tujuannya adalah membentuk karakter anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik. Jadi di dalam PAI mengandung muatan nilai-nilai karakter sesuai dengan esensi pendidikan karakter. Berdasarkan karakteristik keduanya menemukan titik temunya, yaitu sama-sama menanamkan nilai karakter dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga melahirkan generasi yang berkepribadian tangguh. Kata Kunci : Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:08
Last Modified: 02 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item