PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Nofriansyah, Nofriansyah (2020) PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOFRIANSYAH NIM. 1516240059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Metode Diskusi Buzz Group , Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya berbagai fenomena, seperti siswa kurang tertarik untuk belajar pada mata pelajaran IPS, siswa lebih senang asik sendiri dan kurang memperhatikan apa yang disampaikan guru, pada saat pembelajaran guru cendrung menggunakan metode yang konvensional. Sehingga timbullah masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Hanya 9 siswa (36%) dari 25 siswa yang mencapai KKM.adapun KKM pada mata pelajaran IPS adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Diskusi Buzz Group pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu, yang terdiri satu kelas. Peneliti mengambil kelas V C untuk dijadikan sampel berjumlah 25 orangsebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian Kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen dan tekhnik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan uji t. ditemukan bahwa hasil pretest siswa kelas V C dalam kategori sedang sebanyak 17 orang siswa(68%) mendapatkan nilai antara 40-66 dan hasil posttes sebanyak 72% mendpatkan nilai antara 79,53-96,47. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Diskusi Buzz Group terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan uji t yaitu thitung sebesar 4,79 dan nilai ttabel untuk dk=23 dengan taraf signifikan 5% adalah 2,069. Darianalisa tersebut diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (4.79≥2,069)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:10
Last Modified: 02 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item