Renitasari, Sefti (2020) NILAI – NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA A. FUADI. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI Sefti Renitasari NIM. 1416212552.pdf Download (911kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Agama Islam, Novel Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel negeri 5 Menara karya A. Fuadi, Penelitian ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap anak-anak pada saat ini yang lebih suka melakukan hal-hal yang tidak jelas dan negatif dari pada melakukan hal-hal positif seperti bermain game online tanpa mengenal waktu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan Hermeneutik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang berupa novel negeri 5 menara dan data pendukung yang didapat dari buku-buku, jurnal, dan film negeri 5 menara. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yaitu nilai pendidikan Ibadah berupa Ibadah Mahdhah Bentuknya Shalat wajib, shalat sunnah, berdoa, membaca al-qur’an, dan menghafal Al-qur’an dan Ibadah Ghairu Mahdhah Bentuknya menuntut ilmu dan tolong menolong. Sedangkan Nilai pendidikan Akhlak berupa Akhlak Kepada Allah swt Bentuknya Shalat, Taat, Tawakal, Ikhlas, dan Bersyukur. Akhlak Kepada Orangtua Bentuknya Berbakti kepada Orangtua. Akhlak Kepada Diri Sendiri Bentuknya kebersihan, Mandiri, Ikhtiar, Berani, Menjaga Pandangan dan Jujur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 07:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 07:13 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6095 |
Actions (login required)
View Item |