IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING PADA ANAK USIA DINI DI TPQ MASJID JAMI’ BABUSSALAM KOTA BENGKULU

Kalinda, Isnani (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING PADA ANAK USIA DINI DI TPQ MASJID JAMI’ BABUSSALAM KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
isnani Kalinda.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering merasa bosan dan sulit memahami materi yang dipelajari terutama pada masa anak usia dini yang lebih asyik pada dunianya sendiri dan guru yang masih menerapkan pembelajaran konvesional serta pembelajaran yang kurang variatif dan membosankan. Tujuan peneliti ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam pada pendekatan fun learning pada anak usia dini. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan metode penelitian Nonequavalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah yang berjumlaah 40 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, angket dan tes. Penulis melakukan pengelolaan data dengan menggunakanan Mann-Whitney U-test, maka dapatlah hasil penelitia bahwa diketahui rata-rata skor kelas eksperimen meningkat secara drastis lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata sebesar 17,65, dan diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hasil pembelajaran pendidikan agama islam di TPQ Masjid Jami’ Babussalam Kota Bengkulu. Kata Kunci : Fun Learing, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:13
Last Modified: 02 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item