Sari, Novita (2020) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI Novitasari cetak kaset.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memaparkan mengenai jenis-jenis tindak tutur direktif guru dan fungsi tindak tutur direktif guru dalam interaksi belajar mengajar pada video pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di SMP, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur direktif guru dalam interaksis belajar mengajar pada video pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di SMP, video diambil dari channel youtube youtube “Mujiatun Yendi” yang berjudul “juara 2 lomba pembelajaran bahasa Indonesia SMP Banjit”. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pada video pembelajaran Bahasa Indonesia. Data penelitian berupa tuturan yang digunakan guru kepada siswa pada video pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik lanjutan yang berupa metode dokumentasi, simak dan catat. Peneliti mengumpulkan tuturan-tuturan guru pada video pembelajaran Bahasa Indonesia dan kemudian melakukan klasifikasi atau pengelompokan berdasarkan jenis tindak tutur dan fungsi tindak tutur direktif. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis yang bermacam-macam (tringulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh.. Hasil penelitian ini menemukan beberapa jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang digunakan dalam tuturan guru pada video pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di SMP , yaitu tindak tutur direkti menyuruh, tindak tutur direktif pertanyaan, tindak tutur direktif mengintruksi, tindak tutur tutur direktif mengjak dan tindak tutur direktif menyarankan. Beberapa alasan penting mengapa penelitian ini menarik dilakukan yang pertama tindak tutur direktif guruadalah tindakan komuikasi yang terstruktur, dan terencana antar guru dan siswa dalam Susana formal dan informal, yang kedua tindak tutur direktif guru menentukan sukses dan tidaknya proses dan tidaknya pembelajaran di kelas, dan tindak tutur direktif guru mencerminkan kopetensi komunikasi guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 08:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 08:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6108 |
Actions (login required)
View Item |