Pengembangan Modul Pembelajaran Matakuliah Ilmu Alamiah Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Di Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Asiah, Asiah (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Matakuliah Ilmu Alamiah Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Di Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Hj. Asiyah, M.Pd _ Modul Ilmu Alamiah Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai islam.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Nilai-Nilai Islam, Modul Pembelajaran Kebutuhan akan pengembangan modul pembelajaran sangat penting mengingat masih terdapatnya celah terjadinya dikotomi ilmu antara ilmu umum dan ilmu keislaman. Padahal dalam Islam, konsepsi ilmu adalah satu kesatuan yang saling memiliki keterkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran ilmu alamiah dasar terintegrasi nilai-nilai islam yang valid, praktis dan efektif di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu model pengembangan 4-D (four-D) terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Hasil penelitian dari analisis data terhadap aktivitas mahasiswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan reta-rata skor sebesar 83,64% dan aktivitas dosen dengan rata-rata skor sebesar 86,31% dalam katagori sangat aktif, sedangkan pada saat uji coba kelompok besar rata-rata skor aktivitas mahasiswa sebesar 86,60% dan aktivitas dosen dengan rata-rata skor sebesar 86,31% dalam katagori sangat aktif. Hasil belajar kognitif mahasiswa terdistribusi dengan normal dan homogen, dimana data diperoleh pada saat pre-test untuk kelas kecil rerata skor 50,00% dan untuk skor post–test sebesar 80,00%, sedangkan pada saat uji coba kelas besar skor pre-test 67,43% dan skor post-testnya sebesar 85,67%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terjadi perbedaan rata-rata nilai yang cukup signifikan antara perolehan nilai pre-test dan nilai post-test baik pada saat uji coba kelas kecil maupun uji coba kelas besar. Dimana skor rata-rata nilai mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan modul pembelajaran terintegrasi nilai-nilai islam (post-test) sehingga modul pembelajaran ini sangat efektif digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Penelitian ini telah menghasilkan produk pengembangan berupa modul pembelajaran matakuliah ilmu alamiah dasar terintegrasi nilai-nilai islam yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran, (2). Modul pembelajaran ilmu alamiah dasar terintegrasi nilai-nilai islam yang dikembangkan dapat dikategorikan valid oleh validator dengan persentasi 83,77% dengan kategori sangat layak, (3). Berdasarkan hasil respon mahasiswa modul pembelajaran ilmu alamiah dasar terintegrasi nilai-nilai islam yang dikembangkan dapat dikatakan sangat praktis dengan persentasi nilai sebesar 83,21%, (4). Modul yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat efektif dengan persentasi nilai sebesar 84,38% sehingga dapat meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa dari aspek pengetahuan dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:09
Last Modified: 03 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item View Item