Lestari, Ulan (2020) HUBUNGAN PERILAKU SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI 124 BENGKULU UTARA. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI ULAN LESTARI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang membahas dan tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: untuk mengungkap Hubungan Perilaku Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri 124 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan metode penelitiannya yaitu metode penelitian product moment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis, maka penulis dapat memberikan kesimpulan dengan tingkat korelasi 0,64 yang berada pada interval 0,60-0,799 memiliki tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment didapatakan hasil rhitung = 0,64. Kemudian, nilai rtabel dapat dicari menggunakan tabel distribusi product moment. Maka di dapatkan rtabel 0,49, karna pada tabel distribusi product moment tidak terdapat db 62 maka peneliti mengambil nilai tengah (60 dan 65 yaitu 0,254 + 0,244 = 0,498:2 =0,249). Karna di dapatkan rtabel 0,49 pada taraf signifikan 5% = 0,249. Berdasarkan penjelasan di atas didapatkan rhitung = 0,64 rtabel = 0,49 jadi dapat dikatakan rhitung = 0,64 > rtabel =0,49 maka dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan perilaku sosial dengan hasil belajar siswa SD Negeri 124 Bengkulu Utara. Hubungan bersifat positif artinya terjadi hubungan searah antara variable X dan Y, bila perilaku sosial semakin baik, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Artinya pengaruh variable X (perilaku sosial) terhadap Y (hasil belajar) sebesar 40,96%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:13 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:13 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6201 |
Actions (login required)
View Item |