PENGARUH PENGELOLAAN TEMPAT DUDUK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 53 KOTA PAGAR ALAM

Sartika, Rina Dewi (2020) PENGARUH PENGELOLAAN TEMPAT DUDUK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 53 KOTA PAGAR ALAM. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RINA DEWI SARTIKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pengelolaan tempat duduk terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 53 Kota Pagar Alam. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 53 Kota Pagar Alam yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang perempuan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji realibitas datanya teknik belah dua dari Spearman Brown (split half). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh pemberian penguatan dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 53 Kota Pagar Alam. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji korelasional product moment bahwa hasil rxy sebesar 0,080 yang kemudian melihat rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 28 adalah 0,074 yang artinya nilai tersebut lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,080 ≥ 0,074. Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:14
Last Modified: 03 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item