Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu

Putri, Zuleka Nurramaya (2020) Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZIZI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

uhirman, M.Pd, Pembimbing 2: M. Hidayaturrahman, M.Pd.I Kata Kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Interpersonal. Sudah banyak yang melakukan penelitian dengan mengangkat teman mengenai hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajara ilmu pengetahuan sosial (IPS), namun di sini peneliti mengambil latar belakang dari judul tersebut karena di SD Negeri 106 Kota Bengkulu Proses pembelajaran IPS masih berpusat pada guru, maksudnya guru masih menekankan perannya sebagai penyampai materi dan siswa hanya mendengarkan saja, dapat disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti proses pembelajaran cenderung pasif dan guru lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga kecerdasan interpersonal pada anak masih kurang baik dan menyebabkan hasil belajar mereka menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 27 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), nilai raport dan dokumentasi. Percobaan populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas III A di SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Hasil perolehan uji signifikansi dengan menerapkan uji-t, diperoleh thitung = 3,223 dan ttabel pada taraf uji 95 % (0,05) dengan dk = 25 diperoleh sebesar 2,060 Ini berarti bahwa nilai t hitung jauh lebih besar dari nilai ttable, kriteria pengujian untuk uji statistik t adalah diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel kecerdasan interpersonal (X) dengan hasil belajar (Y). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima dan hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ini ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas III SD Negeri 106 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:15
Last Modified: 03 Sep 2021 07:15
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item