Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Di SDN 101 Kota Bengkulu

Angreani, Dara (2019) Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Di SDN 101 Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DARA ANGREANI NIM. 1516240014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Model Pembelajaran Picture and Picture Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Di SDN 101 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy exsperimental desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, test, kuesioner (angket). Populasi penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yaitu kelas IIIA 28 orang dan kelas IIIB 28 orang.Tekhnik analisi data menggunakan uji anova dua jalur (two-ways anova). Dapat dilihat dari hasil uji SPSS. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar seni budaya dan prakarya (SBDP) antara siswa yang di ajar dengan model picture and picture dengan metode ceramah?Berdasarkan hasil uji lanjutan diatas Untuk variabel Model Pembelajaran diperoleh nilai F hitung = 4,737 > F tabel (2,4056) dan nilai p = 0,034 < 0,05 yang berarti ada pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa di kelas III dalam mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) maksudnya adalah “ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang di ajar dengan model picture and picture dengan metode ceramah”. Ha Diterima Dan Ho Ditolak. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar seni budaya dan prakarya pada siswa berdasarkan tingkat kreativitas?Berdasarkan Hasil uji lanjutan di atas Untuk variabel Kreativitas diperoleh nilai F hitung = 0,341 < F tabel (2,4056) dan nilai p = 0,713 > 0,05 yang berarti tidak ada pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa di kelas III dalam mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) maksudnya adalah ”tidak ada perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan tingkat kreativitas”. Ha Ditolak Dan Ho Diterima. Apakah terdapat interaksi model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar?Berdasarkan hasil uji lanjutan Untuk interaksi antara variabel Model Pembelajaran dengan kreativitas diperoleh nilai F hitung = 1,497 < F tabel (2,4056) dan nilai p = 0,234 > 0,05 yang berarti tidak ada pengaruh penggunaan model picture and picture dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa di kelas III dalam mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP, maksudnya adalah ”tidak ada interaksi antara variabel model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa”. Ha Ditolak Dan Ho Diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:16
Last Modified: 03 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item