Pengaruh Penggunaan Model Role Playing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Tinjau Dari Kreativitas Siswa Di SDN 66 Kota Bengkulu

Permatasari Tri, Rizki (2020) Pengaruh Penggunaan Model Role Playing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Tinjau Dari Kreativitas Siswa Di SDN 66 Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI TRI PERMATASARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, kreativitas, Model Pembelajaran Role Playing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Tinjau Dari Kreativitas Siswa Di SDN 66 Kota Bengkulu Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy semu exsperimental desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, test, kuesioner (angket). Populasi penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol yaitu kelas IVB 28 orang dan kelas IVA 28 orang. Adapun pengelolahan dan analisa data menggunakan teknik analisa data statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova dua jalur. Berdasarkan pembahasan tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Di Tinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas IV Di SDN 66 Kota Bengkulu, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur (Two Ways-Anova). Hasil hipotesis dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil anova dua jalur nilai diperoleh Fhitung =9,523 > Ftabel = 2,4056 dan nilai p (Sig) sebesar 0,003 < 0,05, Ha yang berarti ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang di ajar dengan model pembelajaran role playing dengan model konvensional. Berdasarkan hasil anova dua jalur nilai diperoleh Fhitung =15,209 > Ftabel = 2,4056 dan nilai p (Sig) sebesar 0,000 < 0,05, Ha diterima yang berarti ada pengaruh terdapat perbedaan hasil belajar IPS pada siswa berdasarkan tingkat kreativitas. Berdasarkan hasil anova dua jalur nilai diperoleh Fhitung =0,680 < Ftabel = 2,4056 dan nilai p (Sig) sebesar 0,511 < 0,05, H0 diterima berarti tidak ada pengaruh terhadap interaksi model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:16
Last Modified: 03 Sep 2021 07:16
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6251

Actions (login required)

View Item View Item