Gunawansyah, Ganti (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF GURU MATA PELAJARAN PAI Di MTs AL QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU TESIS. Other thesis, IAIN Bengkulu.
|
Text
TESIS GANTI GUNAWANSYAH NIM. 2173020976.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang strategi pembelajaran inovatif guru mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman penerapan strategi pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu, Faktor pendukung dan Faktor penghambat pada penerapan strategi pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologis. Metode penentuan sampel peneliti menggunakan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Yang menjadi data primer pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran rumpun PAI dan siswa MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu. Sedangkan yang menjadi data sekunder adalah, kepala sekolah, guru mata pelajaran selain rumpun mata pelajaran PAI, dan guru pamong asrama. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pembelajaran inovatif. Pada dasarnya jenis pembelajaran inovatif cukup banyak dan beragam, akan tetapi guru mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu memilih 4 jenis strategi pembelajaran inovatif, adapun jenis pembelajaran yang dipilih adalah, strategi pembelajaran demonstration, strategi pembelajaran cooperatif learning, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran inovatif guru mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu, faktor pendukung diantaranya adalah, kompetensi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dukungan sesama guru PAI, lingkungan sekolah yang terletak di dalam Pesantren, serta sekolah mengadakan beberapa program yang berakaitan dengan pembelajaran PAI, seperti program tahsin tahfiz, shalat dhuha berjamaah, kultum setelah shalat dhuha berjamaah. Adapun faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran inovatif diantaranya adalah, belum maksimalnya akses listrik pada setiap ruang kelas, fasilitas belajar seperti infocus belum lengkap, alokasi waktu yang sangat terbatas. (3) Dampak penerapan strategi pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PAI di MTs Al Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu sangat memudahkan guru dalam menyampaikan pelajaran, dengan menggunakan strategi pembelajaran inovatif dapat membangkit semangat belajar siswa. Sehingga dampak penerapan strategi pembelajaran inovatif sangat baik diterapkan dalam suatu proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:17 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6259 |
Actions (login required)
View Item |