Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas XI Madrasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu

Asmara, Lisa (2020) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas XI Madrasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi Lisa Asmara.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika kreativitas pembelajaran siswa dan juga faktor pendukung dan penghambat siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu. Metode penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas XI Madraasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu, yaitu: a) Keterbatasan guru dalam memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah sebagai media pembelajaran yang mengakibatkan guru jarang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan tidak digunakannya media pembelajaran saat mengajar, namun hal ini tidak menjadikan guru patah semangat dalam mengajar, dan membuat guru kurang dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran hanya menggunakan buku cetak dan LKS, b) guru menggunakan metode yang belum bervariasi, masih cenderung menggunakan metode ceramah, hal ini dikarenakan alokasi waktu yang sedikit, seharusnya memunculkan kreativitas guru Fikih agar menggunakan metode pembelajaran selain ceramah dan hafalan, c) daya serap siswa dalam pembelajaran masih lemah, disebabkan antara lain karena keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran, kurangnya media yang mendukung sehingga siswa menjadi jenuh, alokasi waktu yang singkat sehingga guru tidak sempat untuk menjelaskan materi lagi jika siswa belum paham, siswa juga tidak mengulangi pembelajaran; 2) Solusi untuk mengatasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas XI Madraasah Aliyah Pancasila Kota Bengkulu ini ialah dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching yang dapat menggunakan sarana di sekolah sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi pembelajaran sehingga siswa lebih termotivasi dalam meningkatkan hasil belajar. Semangat belajar siswa yang saat guru membagi siswa menjadi kelompok diskusi dapat membuat hasil belajar dan motivasi siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:17
Last Modified: 03 Sep 2021 07:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item