Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Siswa Menjawab Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Dalam Sistem Pembelajaran Daring Di SDN 76 Kota Bengkulu

Siani, Foefy Raple (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Siswa Menjawab Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Dalam Sistem Pembelajaran Daring Di SDN 76 Kota Bengkulu. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FOEFY RAPLE SIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

a saat belajar matematika kurang aktif, banyak yang mengobrol, mengantuk, kebanyakan tidak berkonsentrasi dengan proses pembelajaran, dan kurang adanya usaha guru untuk mengembangkan kempampuan berpikir siswa serta nilai ulangan tengah semester siswa memiliki rata-rata 57,94 dan hanya 14 siswa diatas pencapaian KKM 75,00. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) berpengaruh terhadap kemampuan siswa menjawab soal cerita pada Mata Pelajaran Matematika kelas IV dalam sistem pembelajaran daring di SDN 76 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan apakah strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) berpengaruh terhadap kemampuan siswa menjawab soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas IV dalam sistem pembelajaran daring di SDN 76 Kota Bengkulu. Penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan siswa menjawab soal cerita pada mata pelajaran Matematika kelas IV dalam sistem pembelajaran daring di SDN 76 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung = 36,774 nilai signifikansi sebesar 0,000. Dihubungkan dengan dasar pengambilan keputusan regresi linier sederhana bahwa 0,000 < 0,05 yang artinya variabel X berpengaruh terhadap Y. Maka dapat disimpulkan, penelitian yang dilakukan ini signifikan, sehingga hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima dan (H0) ditolak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir, kemampuan siswa menjawab soal cerita matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:20
Last Modified: 06 Sep 2021 03:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item