Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Daring di SDN 61 Bengkulu Selatan

Wahyuni, Lensi (2021) Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran Daring di SDN 61 Bengkulu Selatan. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
LENSI WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan aplikasi whatsapp dalam belajar daring di Kelas IV A SDN 61 Bengkulu Selatan. Penelitin ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan Studi Naratif. Informan penelitian ini yaitu siswa dan wali murid. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa pandemi Covid-19 Oleh Guru kelas IV A SDN 61 Bengkulu Selatan. Guru menggunakan fitur foto, video, dokumen, Group WhatsApp, dan call (telpon) secara langsung. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsApp dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Kendala-kendala dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa Pandemi Covid -19 di kelas IV A SDN 61 Bengkulu Selatan yaitu gangguan sinyal yang mengakibatkan whatsApp akan sulit diakses, kendala lain yaitu kurang efektifnya proses pembelajaran guru tidak bisa secara langsung melihat kesungguhan peserta didik, memori handpone yang cepat penuh dengan dokumen yang masuk, tidak semua peserta didik memiliki alat pendukung pembelajaran online saat ini, alasan tersebut salahnya kurang kepercayaan terhadap handphone yang diberikan, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik lainnya. Solusi mengatasi kendala dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa Pandemi Covid -19 di kelas IV A di SDN 61 Bengkulu Selatan yang dilakukan guru adalah dengan meminimalisir semua kendala baik dari gangguan jaringan dengan memperpanjang jangka waktu pengiriman tugas, membuat materi pambelajaran lebih sederhana dan mudah dimengerti, melakukan interaksi dengan melakukan video call atau guru harus memikirkan strategi bagaimana caranya supaya anakanak bisa keluar dari zona kebosanan mereka. Dapat melakukan pembelajaran secara luring selama satu kali dalam seminggu dengan melakukan kunjungan dari rumah kerumah agar pembelaran daring dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan , Aplikasi Whatsapp, dan Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:33
Last Modified: 06 Sep 2021 05:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item