PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SDN 101 KOTA BENGKULU

Sari, Erika Wulan (2019) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SDN 101 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERIKA WULAN SARI NIM. 1516240015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Populasinya adalah seluruh siswa/siswi kelas IV di SD Negeri 101 kota Bengkulu. Ada 3 kelas yang berjumlah 81 orang. Peneliti mengambil 2 kelas untuk di jadikan sampel yaitu kelas IV A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda, teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan terakhir yaitu uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,252 > 2,008) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Artinya, media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV di SD Negeri 101 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:34
Last Modified: 06 Sep 2021 05:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item