Pengaruh Strategi Heuristik terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 72 Bengkulu

Pajriani, Septi (2019) Pengaruh Strategi Heuristik terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 72 Bengkulu. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI SEPTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum berani untuk menyampaikan mengenai apa yang dilihat dan dirasakannya serta menjelaskan sebab akibat dari apa yang terjadi. Siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Guru masih menerapkan strategi konvensional serta pembelajaran yang kurang variatif dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh strategi heuristik terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan metode penelitian Nonequavalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B yang berjumlah 40 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Penulis melakukan pengolahan data dengan menggunakan Uji t-tes, maka dapatlah hasil penelitian bahwa thitung = 5,557 sedangkan ttabel dengan dk atau df = 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,024. Dengan demikian thitung > ttabel (5,557 > 2,024), hal ini dapat dilihat uji thitung lebih besar dari pada uji ttabel. Maka hipotesis kerja Ha dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 72 Bengkulu. Kata Kunci: Strategi Heuristik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:36
Last Modified: 06 Sep 2021 05:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item