PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 84 KOTA BENGKULU

Angriani, Lika (2019) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 84 KOTA BENGKULU. Other thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIKA ANGRIANI NIM.1516240063.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa kurang, siswa kurang disiplin pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, guru belum optimal dalam memberikan motivasi kepada siswa, strategi yang dipakai oleh guru belum optimal, kurangnya luar belajar dan tukang pengajar ataupun pendidik dan hasil belajar siswa masih rendah. Atas dasar ini, rumusan permasalahan dalam peneltian ini adalah apakah pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang siswa, sehingga penelitian ini adalah penelitian langsung yaitu dengan memberikan pertanyaan berupa angket kepada siswa. Adapaun tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hipotesis penelitian ini adalah “ada pengaruh antara pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikkan dengan analisis korelasi “r” hitung sebesar 0,922 lebih besar dari “r” tabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,304 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,393 sedangkan perhitungan regresi sederhana yaitu Y= 65,716 + (0,185) (40,20) = 73,153. Atas dasar ini, terbukti adanya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:36
Last Modified: 06 Sep 2021 05:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item